Tuesday, November 03, 2009

Jenis-Jenis Memory Card

Bagi orang yang mempunyai gadget seperti kamera digital, handphone, PDA, PSP, pasti mengetahui apa yang dinamakan memory card atau kartu memori sebagai piranti untuk meyimpan data pada gadget tersebut. Dinamakan memory card karena bentuknya seperti kartu dengan ukuran lebih besar atau lebih kecil daripada perangko. Saat ini terdapat bermacam-macam jenis memory card. Untuk itu mari kita bahas satu-persatu :








1. Memory Stick

Sony-lah yang pertama kali memperkenalkan media ini dan memproduksinya. Hampir seluruh kamera buatannya menggunakan Memory Stick sebagai media penyimpanannya. Bentuknya sangat kecil dan memiliki proses transfer yang cukup cepat. Sedangkan generasi kedua Memory Stick, adalah Memory Stick Micro dengan kecepatan dan kapasitas yang meningkat dan banyak digunakan pada handphone Sony Ericsson.

2. Multimedia Card (MMC)

Bentuknya seperti perangko dan lebih besar dari Memory Stick, sehingga membutuhkan slot yang berbeda. MMC dapat menyimpan berbagai macam file multimedia, mulai gambar, audio, sampai video. Proses transfernya cukup cepat dan banyak digunakan pula oleh PDA dan handphone generasi lama seperti N-Gage, sedangkan generasi selanjutnya dari MMC adalah RS-DV MMC dengan bentuk yang lebih kecil, kecepatan yang meningkat dan voltase yang rendah sehingga dapat menghemat baterai.

3. SD (Secure Digital) Card

Bentuknya sama dengan MMC jadi tidak memerlukan slot khusus. Semua gadget yang mempunyai slot MMC dapat juga menggunakan SD Card. Kelebihan SD Card adalah adanya fasilitas copyright, yaitu konsep keamanan seperti yang dimiliki pada DVD audio dan terdiri atas beberapa macam yaitu :
- Mini SD (Ukurannya kira-kira setengah ukuran SD Card. Untuk bisa dibaca oleh Card Reader dibutuhkan adapter)
- Micro SD (Ukurannya lebih kecil daripada Mini SD. Banyak digunakan pada handphone sekarang)
- XD Card (Khusus digunakan pada kamera digital bermerk Olympus dan Fuji)

4. Compact Flash Card

Teknologi pembacanya sama dengan PCMCIA Card, sehingga tidak memerlukan tambahanlain untuk membaca data Flash Card pada device ;ain seperti notebook atau PDA. Selain itu, tidak hanya data multimedia saja yang dapat disimpan oleh Flash Card, melainkan data lain seperti text dan sebagainya dan juga terdiri atas : Compact Flash Tipe II (dikembangkan kali pertama oleh SanDisk pada tahun 1994 ini hadir dalam dua tipe, yaitu yang pertama disebutkan memiliki ketebalan 3,3 mm, sedangkan yang kedua ini agak sedikit lebih tebal yaitu 5 mm)

5. Smart Media Card

Besarnya hampir sama dengan Flash Card, dengan ketebalan yang lebih tipis. Kemampuannya tidak sebesar Flash Card, namun Smart Media juga dapat menyimpan berbagai macam bentuk file multimedia.

Untuk dapat membaca memory card di komputer diperlukan Card Reader. Walaupun ada Card Reader yang menyatakan dapat membaca semua jenis memory card, nyatanya tidak semua jenis memory card bisa dibaca tersebut Card Reader. Untuk itu diperlukan yang namanya adapter. Misalnya kita mempunyai Card Reader yang dapat membaca SD Card tapi kita ingin membaca Micro SD, maka Micro SD yang ukurannya terlalu kecil dipasang adapter supaya ukurannya sama dengan SD card sehingga dapat dibaca.

0 comments:

Chatting di mIRC

Linkin Park_New Devide

Naruto vs Orochimaru

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP